Selasa, 26 Desember 2017

Menyimak Pagelaran Wayang : Hanoman Mission






Wayang merupakan salah satu tinggalan budaya nenek moyang yang hingga sekarang masih dilestarikan. Pagelaran wayang merupakan contoh nyata filsafat kehidupan manusia dimana di dalamnya di contohkan karakter yang bersifat baik, buruk dan lainnya. Oleh karena itu penting sekali menyelami dan memdalami kisah-kisah yang ada dalam perwayangan terlebih kita adalah orang jawa sebagai salah satu media pendidikan bagi kehidupan bersosial dan hubungan kepada Tuhan.

Pada kesempatan senin, 27 November 2017 pukul 20.00-22.00 kami Prodi PEP B berkesempatan menyimak pagelaran wayang di museum sono budoyo Yogyakarta dengan tema pertunjukan Hanoman Mission”. Pada pagelaran ini dikisahkan hanoman sebagai sosok yang identik dengan kekuatan yang sangat hebat yakni sanggup menghancurkan maksiat dan hawa nafsu yang buruk diutus oleh ramayana untuk memastika keadaan dewi sinta yang disandera oleh rahwana yang dikenal sebagai sosok raksasa yang jahat. Misi hanuman ini memang tidak mulus, hanuman harus berjuang melalui perang dengan Ramayana dan pasukannya sehingga sempat di penjara dan akhirnya dengan perjuangannya, hanuman mampu menemui dewi sinta meskipun dengan jalan sembunyi-sembunyi.

Secara filosofis kita dapat memetik nilai etika dalam kisah diatas bahwa manusia hidup harus berdasarkan kebenaran dan kebenaran sejati merupakan aturan dari Tuhan yang tertulis dalam Kitab dan disampaikan oleh Utusan Nya. Manusia tidak secara pragmatis dapat memperoleh kesadaran dan kenyataan sejati untuk menggapai kebenaran, namun manusia perlu mempersiapkan jiwa yang suci dan kuat dan memohon dengan bero’a kepada Tuhan agar diberikan jalan yang benar. Selain cerita diatas mengandung nilai kesetiaan yang dicontohkan hanuman kepada rajanya yakni Ramayana, hal ini dapat kita tarik benang merah dalam kehidupan sehari-hari bahwa manusia sebagai hamba Nya wajib setia  dan senantiasa bertaqwa kepada Nya untuk menggapai ridho Allah SWT.  Sedangkan nilai estetika dari pagelaran wayang kali ini terlihat dari berbagai komponen yakni tokoh wayang, peralatan, para personil dalang dan perangkatnya yang bersinergi secra sempurna untuk mendapatkan pagelaran yang apik sehingga mampu diserap nilai-nilainya oleh penonton.
Arina Husna Zaini
PEP S2 B

17701251024

0 komentar:

Posting Komentar