Sabtu, 21 Oktober 2017

Philosophical Journey

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Refleksi Bagian Ketiga (Pertemuan Keenam)

Tulisan ini merupakan refleksi dari pertemuan ke enam rabu, 11 oktober 2017 mata kuliah filsafat ilmu yang ampu oleh bapak Prof. Dr. Marsigit, M.A. Pada pertemuan sebelumnya yakni tanggal 4 oktober 2017 pembelajaran dimulai dengan tes jawaban singkat dan penjelasan, maka pada pertemuan kali ini beliau menyajikan pembelajaran dengan metode yang berbeda yakni beliau menjelaskan materi dengan mengungkapkannya dalam skema materi yang ditulikan di papan tulis. Pokok materi hari ini tentang perjalanan filsafat, filsafat adalah modus, “filsafat adalah flowing of idea”. Perjalanan filsafat telah di mulai jauh dari zaman dahulu tepatnya yakni 2000 tahun SM dengan tokoh yang terkenal dan menonjol hingga sekarang yakni Socrates. Beranjak dari zaman 2000 tahun SM perjalanan filsafat ,memasuki zaman modern sekitar tahun 1671 di tandai dengan filosof nya adalah Imanuel kant. Memasuki dunia kontenpoper perjalanan filsafat memasuki dunia kekinian, (contemporary)/power now/post post modernism. Komposisi filsafat dalam hal ini bahwa filsafat adalah isme yakni isme adalah pusatnya yang berarti tuhan ada disana dan kapitalisme, pragmatisme, unilitarian, materialisme dan liberalisme merupakan komposisi yang ada dalam filsafat post post modernism.
            Refleksi pertmuan ke enam ini akan berfokus pada bahasan filsafat pada zaman post post moderenism dimana pada zaman ini manusia diibaratkan sebagai ikan-ikan kecil di laut yakni manusia sebagai orang-orang terpilih yang berkesempatran belajar ilmu filsafat. Sebagaimana dijelaskan beliau Prof.Dr Marsigit, M.A bahwa  filsafat sebagai flowing of idea. flow yang berarti aliran ,yakni aliran air yang jernih, dalam hal ini setidaknya kita (manusia) dapat membedakan antara yang jernih dan tidak jernih sehingga dapat memilih tempat mana yang dapat memberikan manfaat berupa nafas kehidupan. Maka sifat lokal yang terbentuk pada zaman ini adalah disorientasi/bingung. Manusia mengalami kebingungan, kekacauan yakni tidak dapat membedakan hal yang benar dan yang hoax karena sebenar-benar dunia adalah bahasa.
Sejatinya manusia adalah kata-kata yang terungkap dari ucapaknnya, bahasanya, dan tulisannya, oleh karena itu jika manusia berucap, menulis sesuatu yang bohong atau palsu maka sesungguhnya jati dirinya adalah kepalsuan tersebut. Dari zaman dahulu hingga sekarang filsafat bahasa atau analitic telah digunakan. Karena pada zaman sekarang manusia berada pada zaman post post moderenism maka filsafat bahasa ini dipadukan dengan teknologi. Zaman teknologi ini memudaahkan manusia untuk berhungungan dengan manusia yang lain tanpa harus bertemu langsung contohnya dengan WA, SMS , telephon dan lainsebagaunya.
            Filsafat pada zaman post post moderenism ini, seiring perjalanannya orang semakin berani secara langsung mengungkapkan apa yang ada di hati dan fikirannya walaupun hal itu merupakan hal yang tidak sepantasnya di publikasikan ataupun di umbar, Bapak Prof. Dr. Marsigit mencontohkan sebagimana mengitip penjelasan beliau ada seseorang wanita berkata“ sory ya mbak, ternyata suamimu mesra sekali lo mbak”. (diambil dari lagu jawa) , pula banyak orang mengumbar pikiran, (power of main) contohnya seorang wanita yang setiap hari berfikir bahwa dia laki-laki maka bisa jadi lama-kelamaan dia akan berjiwa dan berpenampilan sebagai laki-laki dan sebaliknya. Hal ini merupakan anomali yakni adanya kekacauan pikiran manusia. Maka manusia harus hati-hati dengan pikiran dan sebaiknya dikendalikan dengan hati.
            Munculnya saintifism pada zaman post post moderenism di tandai dengan tokoh yang terkenal hingga sekarang yaitu auguste comte tepat nya pada tahun 1857 Masehi. Aguste comte mengungkapkan bahwa ingin membangun dunia. Dunia harus dibangun dan agama tidak cocok untuk membangun dunia karena agama dianggap tidak logis. Maka dalam skema gambar yang di gambarkan oleh Prof. Dr Marsigit, M.A agama berada di bagian bawah disusul posisi diatasnya adalah filsafat dan selanjutnya adalah positive/ saintifik . Hal ini sudah di ramalkan oleh resi gutawa pada cerita wayang.  Teknologi yang saat ini muncul bisa membuat patungisasi manusia yakni manusia biasa saja lupa akan aktivitas sehari-hari dikarenakan terlena akan teknologi contohny : manusia jika terlalu asyik bermain hp terutama hp androit sehingga aktif melakukan kegiatan dalam instagram, Whatsapp, facebook , dll hingga keblabasen maka bisa saja dia lupa akan sholat, sosialisasi dengan warga sekitar dan lain sebagiannya.
Berdasarkan penjelasan dari Prof. Dr marsigit, M.A  bahwa perjalanan filsafat sudah dimulai jauh sebelum masehi, di setiap zamannya filsafat melahirkan pemikiran-pemikiran filosof yang menonjol dan boleh jadi mereka, para filusif memiliki cara pandang masing-masing dalam berfilsafat karena bapak Prof.Dr. Marsigil pula menjelaskan bahwa  sebenar-benar filsafat adalah para filosof. Kita sebagai manusia yang beragama dan  boleh di bilang masih pada tahap awal belajar filsafat atau cara belajat berfilsafat maka pintar-pintar mencari tokoh yang digunakan sebagai rujukan dan dapat mengambil yang sesuai dengan landasan spiritual kita, meskipun ada yang tidak sesuai dengan spiritual kita boleh jadi kita pelajari untuk dijadikan pembelajaran. Yang terpenting dalam belajar jangan lupa untuk selalu baca-baca dan baca untuk menambah pengetahuan dan sesungguhnya membaca adalah jendela dunia. Dan yang quote yang mengena dalam pertemuan ini adalah Manusia hidup dalam ketimpangan jika tidak diimbangi oleh Pikir dan doa. Jika di maknai dari kalimat tersebut bahwa sebagai manusi kita harus menjalani hidup dengan seimbang tidak hanya berdoa saja dan tanpa usaha, karena hidup manusia ini bisa fatal pula tidak hanya berusaha secara fisik ataupun pikir tanpa doa. karena sesungguhnya Allah telah memerintahkan hambanya untuk bertawakal, seperti yang terkandung dalam Q.S Al Maidah : 23 yang berarti “Dan bertawakallah kamu hanya kepada Allah, jika kamu orang-orang beriman”.Terima Kasih

Wasalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Arina Husna Zaini
17701251024
PEP S2 B
*Mohon maaf jika ada penulisan yang kurang sesuai, mohon masukan dan bimbingannya. ^_^

            

0 komentar:

Posting Komentar